Install & Setup React Native di Windows

Catatan: Anda tidak dapat mengembangkan aplikasi react-native untuk iOS di Windows, hanya dapat mengembangkan aplikasi Android. Dokumentasi setup resmi untuk react-native pada windows dapat ditemukan di sini. Jika Anda memerlukan detail lebih lanjut, ada panduan terperinci di sini.

Tools/Environment

  • Windows 10
  • Command line tool (seperti Powershell atau windows command line)
  • Chocolatey (langkah-langkah untuk setup melalui PowerShell)
  • JDK (versi 8)
  • Android Studio
  • Processor Intel dengan teknologi Virtualisasi yang sudah diaktifkan untuk HAXM (opsional, hanya diperlukan jika Anda ingin menggunakan emulator/AVD)

Siapkan komputer anda untuk pengembangan aplikaksi react-native

Buka command line menggunakan mode administrator (run as administrator) jalankan perintah dibawah ini:

choco install nodejs.install
choco install python2

Restart(Tutup dan buka kembali) command line dan jalankan kembali menggunakan mode administrator kemudian jalankan perintah npm

npm install -g react-native-cli

Setelah menjalankan perintah terakhir, copy folder react-native yang diinstal. Anda akan membutuhkan ini untuk Langkah berikutnya. Saya mencoba ini pada dua komputer dalam satu kasus.:

C:\Program Files (x86)\Nodist\v-x64\6.2.2

. ke folder :

C:\Users\admin\AppData\Roaming\npm

Set Environment Variables Komputer anda

Panduan Langkah demi Langkah beserta gambar dapat ditemukan di sini untuk bagian ini.

Buka Jendela Environment Variables dengan langkah:
[Klik Kiri] “Start” menu -> System -> Advanced System Settings -> Environment Variables

Di bagian bawah anda dapat menemukan “Path” System Variable dan tambahkan lokasi react-native yang sudah terinstall pada langkah awal.

Jika anda sebelumnya belum pernah menambahkan ANDROID_HOME pada environment variable anda harus menmbahkannya. Masih di jendela “Environment Variables”, tambahkan System Variable baru dengan nama “ANDROID_HOME” dan value/nilainya diisi dengan “path” menuju ke folder android sdk anda.

Kemudian restart command line anda dengan mode administrator setalah itu anda dapat menjalan perintah react-native disini.

Membuat project React Native

Pada command line, arahkan ke folder yang anda siapkan untuk menempatkan proyek anda dan jalankan perintah berikut:

react-native init ProjectName

Menjalankan project React Native

Jalankan terlebih dahulu emulator dari android studio kemudian pada command line arahkan ke root directory dari project anda dan jalankan perintah berikut:

cd ProjectName
react-native run-android

Anda mungkin mengalami masalah “dependency”. Misalnya, mungkin ada kesalahan bahwa anda tidak memiliki versi “build tools” yang benar. Untuk memperbaikinya anda harus membuka SDK Manager pada Android Studio dan download “build tools” dari sini.

Selamat!

Untuk merefresh tampilan anda dapat menekan tombol “r” dua kali pada emulator kemudian jalankan aplikasi anda. Untuk melihat “Developer Option” anda dapat menekan tombol ctrl + m.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *